Jumat, 20 Februari 2009

Kalyana Shira Foundation

Dibentuk pada September 2006, Kalyana Shira Foundation merupakan lembaga yang berdiri atas dasar kepedulian pada masalah perempuan, anak-anak dan kaum marjinal di Indonesia. Selain itu, Kalyana Shira Foundation juga dibentuk untuk kepedulian atas isu-isu perempuan dan isu-isu lain yang menjadi marjinal dalam industri film Indonesia. Pasalnya, dalam stagnasi UU Perfilman di Indonesia saat ini, semakin kecil kemungkinan untuk bisa memproduksi dan menayangkan film-film dengan topik sensitif dan marjinal.
Meskipun masih berusia muda, individu-individu yang terlibat di dalam Kalyana Shira Foundation telah mendedikasikan karyanya untuk menghidupkan kembali industri film di Indonesia. Nia Dinata, pendiri dan ketua Kalyana Shira Foundation, adalah sosok yang dikenal luas di kalangan perfilman Indonesia dan internasional. Karya-karyanya selalu menyentuh isu perempuan dan kelompok yang termarjinalkan.
Film Ca Bau Kan (tayang pada 2002) merupakan debut film fitur Nia. Film ini mengangkat kisah minoritas perempuan Cina pada masa penguasaan Belanda di Indonesia. Cerita ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dan menjadi film pertama pada era pasca-reformasi yang mengambil fokus kehidupan komunitas Cina. Ca Bau Kan menerima penghargaan Best Promising New Director dan Best Art Director di Asia Pacific Film Festival, Seoul, Korea 2002.
Film keduanya yang berjudul ‘Arisan!’ (tayang pada 2003) merupakan sebuah drama komedi satir yang bercerita tentang permasalahan perempuan dan gay di kalangan kosmopolitan Jakarta. ‘Arisan!’ menerima berbagai penghargaan dari festival dalam negeri dan Best Picture, juga Best Audience Award di Cinemasia Film Festival, Amsterdam 2004. Karya terbarunya film ‘Berbagi Suami’ (tayang tahun 2006) menggulirkan isu kontroversial tentang kaum lesbian, dan poligami di tiga strata sosial yang berbeda di Indonesia.

Misi Kalyana Shira Foundation:
1. Mengedepankan dan menguatkan nilai-nilai demokrasi dan kemanusiaan melalui medium audio visual.
2. Mengusahakan pemerataan hak dan meningkatkan kesejahteraan sosial untuk masyarakat Indonesia melalui medium audio visual .
3. Berpartisipasi aktif dalam menghilangkan bentuk-bentuk diskriminasi melalui medium audio visual.
4. Memajukan perfilman Indonesia dengan meningkatkan jumlah tenaga ahli dalam bidang kerja film.
Dalam mencapai misi nya, aktifitas Kalyana Shira Foundation meliputi:
1. Memfasilitasi kegiatan produksi, dan distribusi film dengan tema-tema demokrasi, kemanusiaan, kesetaraan gender, isu-isu perempuan, dan tema-tema marjinal.
2. Memfasilitasi dan menyelenggarakan aktifitas pendidikan film meliputi festival film internasional, pelatihan, workshop, seminar & diskusi, dan penayangan film.
3. Memfasilitasi dan menyelenggarakan kegiatan kerjasama produksi dengan lembaga-lembaga lain dari dalam dan luar negeri.

KONTAK :
Kalyana Shira Foundation
Sandy Monteiro
Jl. Bunga Mawar No. 9, Pangeran Antasari
Cipete Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia
Telp: 021-7503223
Fax: 021-7694318
e-mail: kalyanashirafound@gmail.com
website: www.kalyanashirafound.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar