Jumat, 20 Februari 2009

Fringe Events

Selain pemutaran film, VFilmFestival juga akan mengadakan acara-acara lain yang terkait dengan isu perempuan. Di antaranya adalah :

Diskusi Youth and Sexuality
Waktu : Minggu 26 April 2009, 12.00 WIB
Tempat : Komunitas Salihara

Dalam lima tahun terakhir, perkembangan film tentang anak muda semakin intens. Berbagai film yang telah diluncurkan memperlihatkan sisi kehidupan perempuan dengan berbagai cara. Misalnya seperti yang terlihat dalam film fenomenal - yang membangkitkan dunia sinema Indonesia, yaitu Ada Apa dengan Cinta, Catatan Akhir Sekolah sampai film Mengejar Matahari.

Dengan banyaknya film-film yang mengangkat isu perempuan, maka mencoba melihat perspektif gender dalam film remaja akan menjadi sebuah bahan diskusi yang menarik. Selain itu, diskusi ini juga akan mencoba melihat perkembangan remaja dalam film Indonesia dewasa ini dan prospek-prospek yang tersedia bagi orang muda dalam proses kreatif di film.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Diskusi Feminist Film Theory
Waktu : Minggu 26 April 2009, 15.00 WIB
Tempat : Komunitas Salihara

Representasi dan seksualitas perempuan dalam film-film Indonesia masih memerlukan perhatian lebih bagi generasi sineas saat ini. Meskipun banyak film yang telah menjadikan perempuan sebagai sumber atau ide cerita, namun sebagian besar masih menempatkan perempuan sebagai objek, bukan subjek seksualitas.

Feminist Theory mencoba melihat film dalam perspektif feminis, terutama dalam kaitannya dengan perkembangan perfilman Indonesia dewasa ini.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Workshop Produksi Film dengan Perspektif Feminis

Waktu : Sabtu 25 April 2009, 10.00 WIB

Tempat : Komunitas Salihara

Workshop ini akan menelaah bagaimana sebuah produksi film Indonesia bisa memiliki nafas keberpihakan terhadap masalah-masalah perempuan di Indonesia dan bukannya melestarikan penindasan terhadap perempuan atau stereotip tentang perempuan. Hal ini harus disadari oleh para produser, baik produser laki-laki atau pun produser perempuan.



Untuk informasi lebih lanjut, hubungi panitia atau terus pantau perkembangan VFilmFestival di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar